Senin, 08 Oktober 2012

Langkah Cepat Menurunkan Hipertensi Dengan Minuman Alami

Seperti yang ClubOn ketahui, hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan. Pilihan cerdas harus Anda lakukan untuk menurunkan risiko hipertensi dengan mengonsumsi minuman alami.

Selain makan dengan menu sehat dan seimbang, berikut adalah 6 minuman alami yang juga dapat menurunkan risiko hipertensi.



  1. Susu Rendah Lemak

    Hipertensi telah lama dikaitkan dengan kekurangan kalsium. Asupan kalsium tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk hasil terbaik, pilihlah jenis susu yang tepat yaitu susu rendah lemak. Penyerapan kalsium akan lebih mudah dengan dibantu jumlah lemak sederhana. Tekanan darah sistolik dapat berkurang dengan Anda meminum tiga porsi susu rendah lemak setiap hari.
  2. Teh Bunga Rosella

    Phytochemical bioaktif yang terdapat pada bunga rosella berperan menjadi inhibitor ACE alami, seperti pada jus delima. ACE adalah enzim yang meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut angiotensin II, yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung biasanya kaptopril, buah rosella pun sama efektifnya untuk menurunkan hipertensi.Tiga cangkir teh rosella dapat menurunkan darah sistolik prehipertensi subyek secara signifikan. Untuk hasil maksimal minumlah rutin setiap hari.\
  3. Jus Delima

    Seperti jenis obat yang biasa diresepkan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung, jus buah delima pun bertindak sebagai inhibitor ACE alami. Jus buah delima dapat mengurangi ACE sebesar 36 persen dan menurunkan tekanan darah sistolik juga. Pengurangan plak arteri sebanyak 30 persen dan peningkatan aliran darah ke jantung juga manfaat lain dari delima. Minumlah enam ounce (177 mililiter) jus delima setiap hari tanpa pemanis. Hal itu direkomendasikan oleh Jonny Bowden, salah seorang ahli nutrisi.
  4. Jus Cranberry

    Peningkatan tekanan darah yang tidak diinginkan dapat terjadi jika pembuluh darah mengalami kerusakan. Cegahlah dengan jus cranberry yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Selain itu, jus cranberry dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Jadikanlah Jus Cranberry minuman Anda di waktu luang.
  5. Air

    Cara termurah dan sederhana untuk membantu menurunkan tekanan darah adalah dengan rajin meminum air putih. Pembuluh darah akan mengkerut jika terjadi dehidrasi sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Jika demikian lonjakan tekanan darah pun terjadi. Minum delapan gelas per hari memang menjadi anjuran kebanyakan orang. Anda bisa menyesuaikan dengan berat badan untuk pendekatan yang lebih personal. Misalnya orang dengan bobot 150-pound atau sekitar 68 kg, maka 2 liter atau 75 ounce setiap hari adalah kebutuhan asupan airnya. Hitunglah asupan air Anda dengan cara berat badan dibagi dua (namun dalam bentuk ounce) seperti diatas.
  6. Jus Bit

    Potassium dan folat adalah dua zat yang penting untuk mengatur tekanan darah. Sumber yang baik dari kedua zat itu terdapat pada buah bit. Buah bit juga mengadung nitrat, yang diubah menjadi nitrit ketika diserap oleh tubuh. Nitrit berkhasiat membuat jaringan otot menjadi rileks dan menurunkan aliran darah. Fungsi pembuluh darah menjadi sehat dan homosistein yang merusak pembuluh darah dapat dilawan dengan buah bit. Mengonsumsi satu atau dua cangkir jus bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu cukup singkat yakni sekitar satu jam setelah konsumsi.

Kombinasikanlah keenam minuman diatas dengan olahraga teratur dan pola diet yang tepat. ClubOn punya tips lainnya?

(Sumber : http://www.tdwclub.com/f35/langkah-cepat-menurunkan-hipertensi-dengan-minuman-alami-350/)

Tidak ada komentar: