Minggu, 28 Oktober 2012

Fakta Tersembunyi Tentang Daging Kambing

Fakta tentang Daging Kambing yang jarang terungkap di masyarakat.
1. Kandungan Kolesterol LEBIH RENDAH dibanding daging merah yang lain!
Sumber: Proceedings Nutrition Society of Australia, 1997. Dari Juni Sumarmono PhD, Dosen Fakultas Peternakan UNSUD Purwokerto dalam majalah Infovet Edisi 112, 2003. 
2. Kandungan Lemak Jenuh LEBIH RENDAH (sekali lagi Lebih Rendah) dibanding daging lain! (lihat tabel dibawah)
Lemak Jenuh (Saturated Acid Fat), butuh waktu yang sangat lama untuk bisa diurai oleh tubuh. Ikatan reaksinya menjadi LDL (Low Density Lipo-protein), membentuk lapisan dinding dalam pembuluh darah, bisa menggumpal jadi plak, yang mengakibatkan penyempitan rongga aliran darah juga menjadikan pembuluh darah tidak fleksibel. Inilah sebab utama dari penyakit jantung, Hypertensi dan Stroke .
Maka sering disebut Lemak Jenuh = Lemak Jahat.
3. Kandungan Zat Besi LEBIH TINGGI dibanding daging lain.
Zat Besi berperan penting untuk pengangkutan oksigen dan melancarkan aliran listrik dalam otak.
Dan bersama dengan DHA, Omega 3 dan vitamin B12, mampu meningkatkan perkembangan otak. Kandungan zat besi pada daging lebih mudah diserap tubuh dibanding zat besi yang ada pada sayuran maupun makanan olahan (sereal).
Diana Nur Fitri -Jurnal Teknologi Pangan Vol.1 No.1 2012 
4. Mempunyai banyak kandungan akan Mineral & Vitamin (Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium, Selenium, Manganese, Niacin, Folate, Zing, Copper, Sodium, Vitamin; B1, B2, B3, B9, B12, E, K, Omega3, Omega6, dll) – - selengkapnya bisa dilihat
Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan mikronutrien essensial yang hanya terdapat pada hewan dan tidak ditemukan pada sayuran & buah-buahan.
Vitamin ini berperan penting dalam pembelahan sel dan metabolisme folat (metabolisme energi), juga dalam pemeliharaan sel-sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, serta pembentukkan platelet darah.
Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan anemia, mudah lelah lesu, iritasi kulit, gangguan syaraf (motorik atw sensorik), serta gangguan gastrointestinal (kehilangan nafsu makan, kembung, serta konstipasi), pada stadium ringan melemahnya sel saraf bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan belajar.
5. Fatwa Sakral (Hadist Nabi Muhammad SAW & Sabda Ali bin Abu Thalib).
Makanan terbaik penduduk dunia dan penghuni Syurga adalah daging“. (Hadis Riwayat Ibnu Majah)
Ayam adalah kambing bagi orang-orang miskin dari umatku…” (Al-Hadist)
Barangsiapa selama 40 hari tidak makan daging, maka akhlaqnya akan berubah (memburuk)” (Ali bin AbuThalib)
6. Lebih Orisinil & Alami dibanding daging lain!
Zaman ini bidang peternakan menggunakan berbagai teknik rekayasa dlm program penggemukan hewan ternak hingga bisa lebih cepat & hasil daging yg lebih banyak .
Tidak seperti ternak lain yg mudah direkayasa pertumbuhanya, karakter khas dari Kambing: sulit untuk direkayasa pertumbuhanya! Karena dibanding hewan ternak lain, Kambing termasuk hewan ternak yang lebih sulit beradaptasi dan rentan (mudah mati) ketika mengalami perubahan2.
Lebih lanjut bisa dilihat di tabel berikut;
Kambing kacang; Kambing PE; Kambing Peranakan Etawa; Kambing Jawarandu; kambing jawa; daging kambing; daging segar; Abon Kambing; Kambing bekasi; Peternakan Kambing; ternak kambing; hewan ternak; peternakan bekasi; Ralamsa Ranch; Rendang Kambing; Aqiqah; Abu jafar; Hewan Qurban; Peternakan Kambing Bekasi; Abon Pakiztan; Rendang Pakiztan; Burger Kambing
Tabel.1 USDA #8
Tabel dikompilasi dari: USDA Handbook #8, 1989, Nutritive value of foods,Home and Garden Bulletin #72, USDA, Washington DC, U.S. Government Printing Office, 1981.
Pemberitaan Ascribe (The Public Interest Newswire) 29 Agustus 2005 memperkuat data di atas. Dalam artikel bertajuk California Small Farms Ideal for Goat Meat Production. 
Semoga sedikit sharing informasi ini bermanfaat, syukur-syukur bisa menginspirasi dan mencerahkan, barangkali selama ini sebagian kita masih berpersepsi kalau daging kambing itu “jahat” untuk kesehatan kita.

Sumber : http://ralamsa.wordpress.com/2012/05/29/fakta-tersembunyi-daging-kambing/

Tidak ada komentar: