Jumat, 12 Oktober 2012

Manfaat Mahir Berbahasa Asing

Menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa asing memang sebuah kewajaran. Namun, yang terpenting bukanlah fokus terhadap kesulitan yang menghadang, tetapi seberapa tekun kamu mempelajari kesalahan dan kesulitan tersebut.


Quote:
Belajar Bahasa Asing
Menurut Kolumnis Pendidikan Casey Schwartz, menguasai bahasa asing sangat diperlukan, bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi saja, lebih jauh, kemampuan bahasa rupanya bisa mempengaruhi perkembangan otak seseorang.

"Mengusai bahasa asing menjadikan seseorang memiliki kemampuan multibahasa (bilingual). Selain bisa membantu seseorang sebagai nilai tambah dalam surat lamaran kuliah dan pekerjaan, perkembangan penelitian membuktikan, penggunaan bahasa tingkat tinggi dalam bahasa asing dapat membantu meningkatkan perkembangan otak," ujar Schawartz, seperti yang dikutip dari The Daily Beast, Senin (5/9/2011).

Menurut beberapa studi yang berbeda, lanjut Schwartz, penguasaan dua bahasa atau lebih dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus dalam menghadapi ganguan, membuat keputusan terhadap alternatif yang sulit, serta mengabaikan informasi yang tidak masuk akal.

"Kemampuan penting ini digolongkan menjadi "Fungsi Eksekutif" yang sebenarnya sudah dapat dibuktikan pada anak usia tiga atau empat tahun jika mereka memiliki kemampuan bilingual," jelas Schwarzt.

Meski demikian, ujarnya, belum ditemukan mekanisme yang pasti bagaimana kemampuan bilingual bisa meningkatkan perkembangan otak. 

"Seorang profesor di York University of Toronto, Ellen Bialystok, meneliti proses latihan yang cukup berat pada otak yang melibatkan proses luar biasa yang dibutuhkan untuk berbicara suatu bahasa. Dengan begitu, akan sendirinya membentuk Cadangan Kognitif yang dapat memupuk ketajaman mental," kutipnya.


Selain itu, Schwartz mengimbuhkan, kemampuan bilingual juga kerap bersinggungan dengan syaraf kognitif lainnya, sehingga, orang yang menguasai bahasa asing dapat lebih mudah membuka diri terhadap kebudayaan asing, meningkatkan percaya diri, dan dinilai lebih baik pada tatanan sosial.

(Sumber : http://www.jualbeliforum.com/pendidikan/185043-manfaat-mahir-berbahasa-asing.html)



Belajar Bahasa Inggris Online
Full Conversation Tanpa Grammar
Bergaransi dan Bersertifikat Nasional
www.belajaringgris.net


Referensi belajar bahasa asing lainnya? silahkan pilih sesuai bahasa yang anda inginkan :
Bahas Perancis
Bahasa Jerman
Bahasa Inggris
Bahasa Arab
Bahasa Jepang

Tidak ada komentar: