Selasa, 23 Oktober 2012

Kapan Saatnya Berinvestasi di Properti Komersial?

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat pertanyaan dari salah seorang teman, seperti ini :
Pak Joe,
Ada beberapa pertanyaan, mohon pencerahan mengenai beberapa pertanyaan berikut:
1. Kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi di properti komersial, karena sebelumnya bapak pernah menyarankan kami untuk memulai dari properti hunian.
2. Bagaimana caranya untuk menilai suatu pertumbuhan lokasi?
Karena pertanyaan ini sifatnya umum, tidak bersifat pribadi dan banyak juga teman teman pembaca buku dan tulisan saya yang memiliki pertanyaan yang hampir mirip, maka saya rasa akan sangat bermanfaat jika pertanyaan dan jawabannya saya bagikan pada teman teman pembaca dalam tulisan kali ini.
Berikut jawaban saya untuk pertanyaan teman alumni diatas :
1. Saat yang tepat berinvestasi di properti komersial adalah saat  Anda sudah berhasil menguasai benar perkembangan bisnis perekonomian di area properti di suatu daerah incaran anda.
Jangan pernah investasi atau masuk ke properti komersial, jika Anda tidak kuasai benar daerah tersebut, berikut perkembangan bisnisnya. Properti komersial jauh lebih berisiko bagi orang awam dibanding properti hunian, hal ini dikarenakan perkembangan dan pertumbuhannya sangat tergantung dari pertumbuhan bisnis perekonomian di suatu daerah (dan ini diluar kontrol). Jika bisnis tidak jalan, atau belum berkembang, perekonomian mandeg, maka kios, ruko, dll biasanya juga tidak akan ada yang sewa.
Oleh sebab itu kita sering sekali melihat deretan kosong dan sepi ruko atau kios di mall yang sudah jadi dan siap pakai.
Hal ini diakibatkan selain adanya aksi spekulasi para spekulan properti, juga karena bisnis perekonomian yang belum berjalan dengan baik di daerah tersebut. Dan faktor faktor ini diluar kemampuan kontrol kita.
Sebaliknya properti hunian, akan jauh lebih kecil resikonya, karena walaupun bisnis sepi, tapi karena ini hunian, jadi banyak orang tetap butuh tempat tinggal.
2. Pertumbuhan suatu lokasi akan sangat ditentukan dengan banyaknya penghuni rumah di suatu kawasan baru.
Oleh karena itu, sebaiknya hindari kawasan yang banyak jual kavling karena biasanya akan lama ramainya, karena kecepatan dan kesiapan membangun dari para pemilik kavling tidak sama. Dan dengan banyaknya kavling kosong, lingkungan perumahan akan terlihat tidak terawat dan kumuh, sehingga akan berpengaruh pada lambatnya perkembangan harga properti didaerah tersebut.
Perkembangan suatu daerah juga bisa diketahui dengan indikator sebagai berikut, apakah di dekat situ ada sekolah? Apakah dekat pasar? Dan berbagai fasilitas umum lainnya? Semakin banyak fasilitas yang ada, berarti semakin cepat berkembang suatu kawasan.
Demikian jawaban dan penjelasan singkat  atas pertanyaan dari salah seorang teman. Semoga bermanfaat dan mencerahkan teman teman pembaca dalam memulai perjalanan investasi properti Anda.
Salam Sukses Berkelimpahan,
Joe Hartanto
Sumber : http://www.joehartanto.com/kapan-saatnya-berinvestasi-di-properti-komersial/
Mau belajar investasi properti? KLIK DISINI 
Atau cari buku untuk belajar investati properti? KLIK DISINI

Tidak ada komentar: